mangrove . hutan bakau cantik di surabaya


Surabaya emang terkenal dengan Mallnya yang banyak dan gedhe , tapi jangan salaahh . di surabaya juga ada wisata alam yg bagus dan keren buat dijadiin objek foto . HUTAN MANGROVE . ini dia namanya . dan kali ini akan akku bahas dalam website.ku ini . yaaa baru kemaren sabtu 28Januari 2012 akku kesana . .

yuuuuk kita telusuri lebih dekat tentang Mangrove .

 pintu masuk Mangrove

Ekowisata Mangrove terletak di Pantai Timur Surabaya, tepatnya di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Di sana kita bisa menikmati suasana alam berupa hutan mangrove yang ditanam di sekitar muara sungai. Untuk menuju lokasi hutan mangrove kita harus naik perahu dengan  merogoh kantong sebesar Rp. 25.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak.

Tempat ini nggak buka terus menerus lho , ada batas pengunjungan juga. Jadi kalian bisa berkunjung mulai pukul 10.00 s.d. 17.00. WIB

Dari Kota Surabaya untuk menuju ke lokasi ini patokan yang paling mudah adalah Jembatan MERR-C atau Kampus STIKOM. Lalu ikuti terus jalan yang ada di depan STIKOM tersebut mengikuti arah sungai. Nanti akan melewati Sekolah IPH, Hotel Teratai, kantor taxi ORENZ dan workshop konstruksi baja Kalimaya. Terus saja, jalannya memang agak sempit.

Begitu sampai di gudang alat berat milik Kalimaya Steel, beloklah ke kanan. Di pertigaan tersebut sudah ada papan petunjuk ke Kawasan Ekowisata Mangrove. Jalannya lebih sempit lagi, tanpa aspal dan bergelombang. Melewati tambak-tambak dan di sebelah kanan terdapat sungai kecil.

Nanti Anda akan tiba di Bozem Wonorejo. Nah di situ Anda bisa memarkir kendaraan, lalu membeli tiket ekowisata mangrove, kemudian naik perahu menuju lokasi hutan mangrove. Perahu-perahu nelayan akan membawa kalian menikmati hutan bakau. Selama 1,5 jam perjalanan, dan kamu akan sampai ke laut lepas. Di hutan mangrove tersebut terdapat Pos Pantau Mangrove yang biasanya digunakan untuk istirahat sambil menikmati makanan ringan.

dermaga kapal 

 perjalanan ke laut lepas . suasana Hutan Bakau , Mangrove

 pos pantau Mangrove

Oia, program ekowisata tersebut dikelola oleh FKPM alias Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat – Nirwana Eksekutif. Selain FKPM, mangrove yang ada di sana ditanam oleh Kelompok Tani Mangrove Wonorejo. Pada hari-hari tertentu KTMW mengadakan acara tanam dan sulam mangrove.

Nah bagi penikmat wisata alam, kehadiran panorama baru Hutan Wisata Mangrove di Surabaya tentunya membawa nuansa mengasyikkan, karena untuk berkelana mencari hawa segar dan sejuknya hawa pantai, tidak harus ke luar kota, tetapi cukup ke kawasan Timur Surabaya aja loh , wah asik kan :)

Ada 2 wisata alam mangrove yang bisa dikunjungi, yaitu di daerah Wonorejo, dan daerah Gunung Anyar, (tapi hanya didaerah Wonorejo ajja yg baru aku kunjungi.hahaha) . Disini kita dapat melihat-lihat dengan naik perahu, hutan mangrove yang masih alami, beserta dengan berbagai satwa di sekitarnya. Yang paling banyak yaitu ada ratusan spesies burung disini, yang hanya terdapat di hutan mangrove ini
Hutan Mangrove ini termasuk tempat wisata baru diSurabaya

Buat kalian yang hobby foto – foto , tempat ini juga bagus kok view nya
coba lihat view ini

 pemandangan sekitar mangrove

laut lepas (selat Madura)

Gazebo Mangrove

view  diantara mangrove dan laut lepas

penanaman bibit mangrove dengan bambu

About these ads